Nih Cara Gampang Ingat Konsep NCT




NCTjk.com - Duh, hari gini masih pusingin konsep NCT?

Ngapain!!!!!! Udah deh nggak usah pusing-pusingin apalagi sampai mikir mau ngestan-in doi enggak yah. Duh, gitu mah langsung aja biasin semuanya! Nggak sanggup kebanyakan bias? Hmm oke... enjoy-in lagu-lagu mereka juga oke tuh, kayak yang di mini album NCT127 #NCT127 #Limitless... atau di mini album NCT DREAM #TheFIRST. Dijamin semua lagunya asyik-asyik!

Kamu nanya ke tukang mie ayam lewat depan rumah, "Bang, NCT itu apa ya?" sudah pasti kamu nggak akan nemu jawabannya, atau nanya ke tetangga sambil gosip sore-sore, "Ching, NCT pan yang di Amerika itu yak, ngapa sekarang ada di Korea?" [eh ching itu kan Newyork City!] dijamin pas kamu nanya gitu, tetanggamu bakal mikir kamu butuh diperiksa ke dokter psikiater. Wkwkwk...

Sekarang bukan jamannya musingin pertanyaan-pertanyaan kayak gini:

"Apa itu NCT?"

"Kenapa NCT berbeda dengan boyband Korea lain?" 

"Bagaimana konsep NCT sebenarnya?" 

"Kenapa NCT sub-unit-nya banyak banget?"

"Membernya juga, banyak banget!"

"Apa bedanya NCT U, NCT 127, dan NCT DREAM?"

"Kapan KunSolCasWoo SMROOKIES debut jadi NCT?" (eh ini agak nyerempet gitu sih pertanyaannya, #jangangalau... mereka pasti debut :) pens harap bersabar...)

dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang membuat kalian atau temen-temen kpopers kalian bahkan jadi ragu untuk mengidolakan grup yang keren bingitzzz besutan SM Entertainment ini.

Meskipun beberapa di antara chin-gu-deul banyak yang mengungkapkan berjuta alasan 'enggan ngebiasin NCT' karena mereka memiliki konsep yang tidak biasa, namun demi memenuhi hasrat keingintahuan pembaca yang udah terlanjur nyantol di postingan ini, gw bahas deh nih tentang sejarahnya NCT. Well, jangan ngantuk ya pas nantinya jari-jari mungil kalian semakin ngescroll postingan ini ke bawah. Mentang-mentang memperdalam "sejarah" eh terus kalian ngantuk. Andwae yahhh!! Kita nggak mau dibilang ngebosenin kayak pelajaran sejarah. Hikseuuu....nangis ala korea(?) *nangis cantik* :"C


Judulnya... Sejarah terbentuknya NCT bukan sejarah terbentuknya alam semesta apalagi terbentuknya isis yang kejam itu. Huft. Butuh aqua?

Postingan kali ini hanya akan menceritakan singkat saja ya. Anggap saja intermezzo. Biar nggak melebar topiknya.



( Foto SMROOKIES / SR15B di Thailand @ 2016 )

Kalian tahu SMROOKIES, kan? Itu loh, tim predebut trainee SM Entertainment. Jadi SM bikin brand buat trainee-trainee mereka yang dijamin pasti bakal debut di label mereka. Dijamin? Iyalah... secara nggak semua trainee SM bakal debut, entah itu di tengah jalan dia cabut... (biasanya, penyebabnya ngerasa bosen gitu karena persaingan yang ketat dan tidak kunjung dikeluarkan dari ruang bawah tanah SM, P.S: maksudnya didebutkan ya...trainee SM identik dengan memakai ruang bawah tanah sebagai tempat latihannya). Tapi, itu sih alasan klasik ya, nyerah duluan sebelum sampai garis finish. Mungkin ada juga beberapa trainee yang keluar karena alasan pribadi, misal alasan kesehatan, atau pendidikan. Nggak boleh ngecap jelek trainee yang batal debut di SM ya, siapa tahu alasan mereka memang benar-benar mendesak dan nggak memungkinkan mereka melanjutkan karir untuk menjadi artis.

( Foto SMROOKIES TAEYONG @ 2013 )

SMROOKIES adalah cikal bakal terbentuknya NCT. Pada akhir tahun 2013, SM merilis SMROOKIES secara resmi dan memperkenalkan beberapa orang trainee mereka yang disebut sebagai SMROOKIES. Seiring berjalannya waktu sejumlah trainee lainnya pun  diperkenalkan, yang kemudian sebagian besar trainee-trainee cowoknya sejauh ini telah resmi debut sebagai anggota NCT.


Wah, anggota NCT banyak ya...

Mungkin itu yang terlintas di benak kalian ketika pernah nggak sengaja membuka Youtube lalu menemukan video NCT sedang perform "Black On Black" di MAMA 2016 dan anggotanya bujubuneng bejibun cyinnnn! Pernah nggak? Kalau nggak tahu video itu buruan dicari, penampilannya keren banget loh... berasa pingin dipanggil oppa semuanya termasuk dedek-dedek gemesnya unchh unchhhh unchhhhh. Wkwkwk... bisa jadi noona-noona pun bakal khilaf setelah nonton penampilan NCT all unit tersebut (maksudnya khilaf jadi ngebiasin semuanya ya, hehehe).

Atau mungkin kamu pernah baca-baca artikel di forum k-pop lalu menemukan tulisan yang mengatakan anggota NCT sudah ada 15 orang tapi masih mau nambah lagi? Hah?! Serius lo?


Well, anggap saja itu serius...


Maka dari itu, di sini lah fungsi postingan ini. Kita bahas yuk, langsung saja mengenai bagaimana konsep NCT sebenarnya.


Pembentukan unit



( Foto NCT U 'The 7th Sense' @ 2016 )

1. NCT U adalah unit pertama yang debut memakai nama NCT. Huruf U setelah NCT memiliki arti "United/Union" yang artinya kesatuan. Konsep dari NCT U adalah menggabungkan anggota-anggota dari unit lain, terlepas apakah itu anggota dari unit berbasis kota atau unit remaja, siapa saja dapat mengisi formasi NCT U. Jadi, bisa dikatakan bahwa NCT U tidak akan memiliki formasi anggota yang tetap. Lagu, single, atau album yang dirilis NCT U tidak hanya satu bahasa. Di tahun pertama, NCT U sudah merilis dua judul lagu berbeda yang keduanya memiliki dua versi bahasa yang berbeda pula yaitu dalam bahasa Korea dan bahasa Mandarin. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga akan ada lebih dari dua bahasa di masa yang akan mendatang.



( Foto NCT 127 'Fire Truck' @ 2016 )
( Foto NCT 127 'Limitless' @ 2017 )

2. Nah, setelah NCT U debut, tak lama setelahnya, di tahun yang sama debutlah unit yang dinamai NCT 127 (en-si-ti il-i-chil atau en-si-ti one-two-seven). Penambahan angka 127 di belakang NCT menandakan bahwa unit tersebut berasal dari Seoul. 127° merupakan titik koordinat garis bujur (longitude) wilayah Seoul. Unit ini merupakan unit yang berbasis di wilayah Seoul, target promosi mereka yang utama adalah hanya negara Korea Selatan. Maka dari itu, lagu-lagu yang dirilis pun hanya akan berbahasa Korea, tidak ada bahasa Mandarin maupun bahasa asing lain. Unit 127 memiliki anggota yang tetap, kalaupun ada perubahan itu hanya akan terjadi perubahan kecil saja, tidak merubah formasi secara keseluruhan. Anggota 127 berjumlah 9 anggota, setelah sebelumnya ditambahkan 2 anggota baru yang tidak termasuk dalam formasi ketika debut.


( Foto NCT DREAM 'Chewing Gum' @ 2016 )

3. Selain kedua unit di atas, NCT juga memiliki unit dengan konsep remaja (teenagers) yang diberi nama NCT DREAM. Unit ini memiliki batasan usia bagi anggota-anggota yang bergabung di dalamnya, yaitu usia 14-18 tahun ketika debut. NCT Dream memiliki konsep "graduate" dimana setelah dinyatakan dewasa dalam Coming of Age Day yaitu ketika remaja yang menginjak usia 19 tahun (dalam usia Korea adalah 20 tahun) maka anggota tersebut akan lepas dari unit ini dan akan masuk ke unit lain selain NCT DREAM atau membentuk unit baru bersama anggota NCT DREAM lainnya yang sama-sama dinyatakan lulus.

Tentang nama unit, DREAM di belakang NCT memiliki arti bahwa anggota yang masih di bawah umur ini ingin memberikan energi positif yang menentramkan hati bagi para penggemar yang usianya di atas mereka. Selain itu, anggota DREAM juga ingin memberikan harapan dan menyemangati penggemar yang berusia sama atau lebih muda dari mereka. Seperti cahaya yang selalu muncul dalam kegelapan di MV debut dan comeback NCT DREAM berturut-turut yakni "Chewing Gum" dan "My First and Last", NCT DREAM ingin menjadi cahaya yang memberikan harapan kepada para penggemarnya untuk bermimpi dan berbahagia. (cieelah... filosofi namany mantap bener bukk!!)



Analogi Mudah Konsep NCT U, NCT 127, NCT DREAM



( Logo font NCT )

Ibaratkan NCT merupakan tim kesebelasan dalam sepakbola. Nah, nggak usah jauh-jauh, ambil contoh yang ada di Indonesia saja, misalnya tim sepakbola berbasis wilayah seperti Persija (Jakarta), Persib (Bandung) dan lain-lain, maka kalau di NCT tim tersebut terbagi menjadi NCT 127 (Seoul), dan tim berbasis wilayah selanjutnya yang akan debut di masa mendatang, seperti yang selama ini telah dirumorkan itu loh wilayah China dan Asia Tenggara menjadi kandidat terkuat sebagai basis wilayah unit NCT selanjutnya.


Masih mengenai tim sepakbola di Indonesia, kalian tahu kan ada tim kesebelasan yang disebut U19? Nah, tim ini memiliki pemain usia belasan yang rata-rata berusia 17 tahun maupun lebih muda daripada itu, maka dalam NCT, tim ini disebut NCT DREAM.



Belum selesai, masih ada tim kesebelasan united dari kedua jenis tim yang telah dijelaskan. Dalam sepakbola Indonesia, terdapat tim yang disebut Timnas Indonesia, dalam tim ini semua pemainnya bersifat gabungan dari tim-tim berbasis wilayah dan tim usia muda. Jadi, dari gambaran tersebut, dalam NCT pun dapat dipastikan anggota dari tim Seoul, tim basis wilayah lain, maupun tim DREAM dapat bergabung dalam unit NCT U.



Nah, biasanya, kalau tim sepakbola united pasti memiliki formasi terbaik karena telah menggabungkan kekuatan dari tim-tim yang telah ada, yang berarti pemain terpilih saja yang masuk ke dalamnya, maka hal itu pun juga sama terjadi dalam NCT U. Anggota unit ini hanya akan menargetkan anggota-anggota yang memiliki peranan penting saja, tentunya dalam suatu kesempatan tertentu ya, maka dipilihlah anggota-anggota tim berbasis wilayah dan tim usia muda untuk bergabung dalam tim ini.



Kenapa anggota X ada di unit NCT U dan NCT 127, lalu anggota Y juga ada di unit ketiga-tiganya (U, 127, dan DREAM)?


Pertama, perlu diberikan penegasan nih bahwa yang membedakan NCT U, NCT127, dan NCT DREAM bukanlah anggota X atau Y atau Z yang mengisi sebagai anggota. Tetapi, yang membedakan unit-unit tersebut adalah konsep yang diusungnya. Kamu menemukan anggota yang sama di dua unit yang berbeda atau lebih? Jangan dibawa pusing ya. Kembali lagi ke penegasan awal bahwa unit-unit tersebut bukan dibedakan berdasarkan anggota X, Y, atau Z, melainkan konsep unit itu sendiri. Jadi, jika kamu menemukan anggota yang sama berada di dua unit atau lebih, maka mulai sekarang bisa dipastikan itu adalah hal yang biasa. Jadi mulai biasakan diri untuk tidak membedakan unit NCT berdasarkan isi anggotanya, melainkan konsep unitnya saja. :D



NCT berbasis wilayah: NCT 127 (Seoul), lalu ada wilayah China dan wilayah Asia Tenggara 'coming soon' benar atau rumor?


Mengenai basis wilayah selain Seoul adalah benar. Namun, tentang wilayah mana selanjutnya, jika melihat berdasarkan media berita ditambah rumor yang beredar memang betul dikatakan bahwa akan ada unit berbasis wilayah di China dan Asia Tenggara, serta tidak menutup kemungkinan wilayah Jepang.


Meskipun begitu, setelah debut di tahun 2016 hingga menjelang pertengahan 2017, NCT berbasis wilayah sejauh ini hanya ada satu yang telah diperkenalkan ke publik yaitu wilayah Seoul saja. Untuk wilayah China dan Asia Tenggara (Indonesia menjadi target terkuat selanjutnya) masih dalam proses untuk mewujudkannya.



NCT 127 kan unit berbasis wilayah Seoul, mengapa ada anggota keturunan China dan Jepang dalam unit tersebut?


Itulah keunikan NCT. Meskipun memiliki unit yang berbasis di wilayah Seoul, tidak menutup kemungkinan mereka juga memasukkan anggota yang tidak memiliki darah keturunan Korea sama sekali. Hal ini mungkin juga akan berlaku pada unit-unit berbasis wilayah lainnya di masa mendatang. So, jangan kaget ya!



Well, itulah cara mudah mengingat konsep NCT  idol group Korea Selatan. Biar makin  cinta yuk semarakan slogannya: To the world, yeogin NCT! Gamsahamnida~


(/JK)
Share on Google Plus

About Latte JK's

6 komentar:

  1. Cara ngomong NCTzen gimana sih?

    BalasHapus
  2. Masih bingung sebenernya. Gimana kalau misalnya member dream, kaya Renjun udah graduate dari dream. Abis itu dia kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia bisa masuk ke unit lain atau bahkan unit-unit baru ditahun yang akan datang

      Hapus